Cara Praktis agar Profit Bisnis Berkembang

Investment / 14 September 2010

Kalangan Sendiri

Cara Praktis agar Profit Bisnis Berkembang

Budhi Marpaung Official Writer
4134

Memiliki bisnis yang terus maju dan menghasilkan keuntungan yang besar adalah idaman setiap orang yang terjun dalam bidang usaha. Sebagai pebisnis pemula, Anda tentu ingin mengetahui bagaimana caranya agar bisa mencapai tingkatan itu? Berikut beberapa hal yang bisa Anda pakai ketika Anda hendak menjalankan usaha Anda:

1. Jumlah prospek

Yang perlu Anda ingat dalam setiap menjalankan bisnis adalah selalu gunakan strategi untuk mendatangkan prospek. Sebagai langkah awal, bukalah jam operasional usaha Anda lebih panjang. Bila tempat usaha/toko pesaing tutup pukul 21:00 Wib, tutuplah tempat usaha/toko pukul 22:00 Wib. Setelah itu, lakukan kerjasama strategis dengan bidang usaha lain yang terkait. Sebagai pebisnis, menjaga relasi dengan konsumen dan sesama pebisnis lain adalah sebuah keharusan.

Mengikuti berbagai seminar turut membantu Anda dalam menemukan target prospek Anda. Oleh karenananya, janganlah lupa menyimpan kartu nama Anda di dalam dompet Anda pada saat hendak bepergian.  

2. Tingkat konversi

Setelah mendapatkan seseorang atau sekelompok orang sebagai prospek Anda maka tahap selanjutnya adalah menjadikan mereka sebagai pelanggan. Secara internal, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, seperti:

  • Menentukan target penjualan
  • Membuat naskah penjualan atau surat penawaran
  • Membuat daftar keunikan produk barang atau jasa yang Anda tawarkan
  • Membuat garansi tertulis
  • Membuat kartu keanggotaan

Setelah persiapan ini selesai, lakukan edukasi untuk memberikan nilai dari produk barang atau jasa Anda. Fokuslah pada nilai bukan pada harga, termasuk proses produksi dan cara kerja Anda. Berikan contoh jangan sekadar berteori. Lalu, mintalah prospek Anda untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Setelahnya, buat testimoni dari pelanggan Anda untuk kebutuhan marketing dan promosi.

3. Jumlah transaksi

Pelanggan telah didapat, apa yang harus dilanjutkan selanjutnya? Langkah berikutnya adalah menaikkan jumlah transaksi. Ini dia caranya:

  • Buat pelanggan merasa spesial dengan memberikan lebih daripada yang dijanjikan atau hadiah pada kunjungan berikutnya. Pelayanan Anda juga menentukan kepuasan pelanggan.
  • Ciptakan sistem untuk mengingatkan pelanggan, tentang masa promosi dan lainnya yang berhubungan dengan produk Anda.
  • Buat database pelanggan yang rapi dan lengkap.

4. Rata-rata penjualan

Apabila jumlah transaksi sudah menunjukkan peningkatan yang besar, ini dia saatnya Anda upgrade penjualan. Jangan ragu menaikkan harga jual jika memang itu tujuannya adalah untuk meningkatan rata-rata penjualan. Pada bagian ini, sudah saatnya bagi Anda untuk mendelegasikan tugas penjualan kepada orang lain (tentunya yang Anda percaya). Anda tidak perlu repot-repot lagi merayu calon pelanggan agar membeli produk Anda. Dalam tahap ini, porsi Anda sebagai pemegang usaha lebih kepada pengaturan sistem pembelian dan bagaimana mempercantik penampilan usaha Anda.

Cara praktis meningkatkan penjualan di antaranya:

  • Berikan bonus untuk jumlah pembelian tertentu.
  • Permudah pembayaran, dengan sistem debit atau kartu kredit misalnya. Ini artinya bisnis Anda harus sudah membangun afiliasi dengan pihak bank.
  • Jual sistem grosir atau program beli 3 gratis satu.

5. Margin

Setelah keempat hal diatas telah dilakukan, langkah terakhir agar profit bisnis dapat terus berkembang adalah dengan menaikkan margin memberi keuntungan lebih besar bagi usaha Anda.

Inilah cara praktis menaikkan margin:

  • Fokus dan jual lebih banyak sejumlah produk yang marginnya tinggi.
  • Mulailah fokus pada segmen pasar kelas atas dengan daya beli lebih tinggi.
  • Hanya menerima pembayaran tunai.
Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami